Polres Lotim Laksanakan Apel Kaposkamling 2020, Ini Pesan Kapolres Lombok Timur

oleh -5 views

hukrimlobar.com – Pada hari Senin tanggal 30 November 2020 pukul 09.30 wita kapolres Lombok Timur AKBP Tunggul Sinatrio S.I.K., M.H, pimpin, apel Kaposkamling tahun 2020.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain : Kapolres Lotim , Kasdim 1615/Lotim, Kepala Bakesbangpoldagri, Kabid PMD Kab. Lotim, Kasat Pol PP Kab. Lotim, Wakapolres Lotim, Para Pejabat utama Polres Lotim, Kapolsek jajaran, Perwira Res Lotim serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat yang ada di Kabupaten Lombok Timur.
Sementara Itu Peserta Apel diikuti oleh , Satu Pelton Dalmas Res Lotim , Satu Peleton Personel kodim 1615/Lotim, Satu Pelton Sat Lantas, Satu Peleton gabungan staf, Satu Peleton Sat Reskrim,Satu Pelton Personel Sat Intelkam, Satu Peleton Gabungan Polsek, Satu Peleton Sat Pol PP, Satu Peleton BKD dan Satu Peleton Kaposkamling

Mengawali Amanatnya Kapolres Lotim mengucapkan Puji dan syukur kehadiratAlloh SWT, karena atas limpahan rahmat dan karunianyalah sehingga bisa menghadiri kegiatan Apel Kaposkamling dalam keadaan sehat walʼafiat kegiatan ini kita lakukan dalam rangka tetap terpeliharanya serta wujud partisipasi dan keikut sertaan masyarakat guna menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungannya masing-masing.

Lebih lanjut Kapolres Lotim menyampaikan, Disamping itu, kegiatan ini, hendaknya dapat dijadikan sebagai momentum untuk mengevaluasi eksistensi bentuk pengamanan swakarsa tradisional atau siskamling “ronda kampung” dan pembinaannya oleh polri bersama tiga pilar kamtibmas di desa/kelurahan, sehingga diharapkan kedepan pelaksanaannya dapat lebih efektif, terkoordinir dan bersinergi dengan aparatur keamanan dan pemerintah daerah dalam mewujudkan Lombok Timur yang kondusif, pada kesempatan ini saya ingin mengingatkan kembali bahwa polri sebagai aparatur pemerintah yang bertanggung jawab dalam keamanan Nasional, hal ini jelas mengalir mulai dari undang-undang dasar 1945 sampai ke undang-undang nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Baca Juga  Secara Rutin Bripka Hirli Kunjungi Warga Binaan, Ini Yang Dilakukan

Pada pasal 3 undang-undang nomor 2 tahun 2002 mengisyaratkan bahwa polri dalam melaksanakan tugasnya tidak sendirian, tetapi dibantu oleh tiga pilar kamtibmas kepala desa/lurah, babinsa dan bhabinkamtibmas serta bentuk-bentuk pengamanan swakarsa.

Terhadap tiga Pilar kamtibmas yang saya sebutkan tadi melalui kebijakan dan strategi pemolisian masyarakat (polmas) permukiman dimana masyarakatnya dalam berinteraksi dan melakukan pengamanan dilingkungannya masih kental nuansa tradisional dan dilakukan secara bergotong royong yang dikenal dengan istilah ronda kampung “siskamling”, dengan mengedepankan kearifan budaya lokal di wilayahnya dapat berwujud menjadi model wilayah masing – masing. Program binkamswakarsa baik tradisonal maupun profesional merupakan salah satu program prioritas polri dengan pertimbangan bahwa intensitas dan frekuensi gangguan kamtibmas dari waktu ke waktu terus meningkat.

Selaras dengan perkembangan kehidupan masyarakat di tengah pandemi covid-19 saat ini. Sementara kemampuan dan sumber daya yang dimiliki polri untuk mengantisipasi dan menghadapinya, meskipun dari tahun ke tahun terus diupayakan peningkatannya, namun masih juga relatif terbatas, guna efektifitas pelaksanaan kelompok kamling atau ronda kampung di suatu area pemukiman/lingkungan, perlu disediakan tempat yang disebut pos kamling yang seyogyanya juga diadakan secara swakarsa.
Sebelum mengakhiri Amanatnya Kapolres Lotim memberikan beberapa Penekanan Antara Lain;
Tingkatkan soliditas 4 pilar ditingkat desa dalam menghadapi dan menyelesaikan setiap permalasahan yang terjadi dilingkungannya, tingkatkan pelaksanaan pengamanan secara swakarsa yang disertai semangat untuk bersilaturahmi Bergotong royong guna mencegah terjadinya gangguan kamtibmas dilingkungannya masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.