Cuaca Tidak menentu, Sat Polairud Polres Lobar Himbau Warga Pesisir dan Pengunjung Wisata Tetap Waspada

Hukrimlobar.com – Cuaca yang kurang bersahabat masih melanda merata di Lombok Barat, tidak terkecuali berpengaruh kepada perairan dan wilayah pesisir, Senin (30/11).

Menykapi ini, Kasat Polairud Polres Lombok Barat Iptu Turmuzi megatakan telah menyiagakan personelnya, diantaranya Anggota Jaga, Pos Lembar dan Pos Senggigi, Selasa (1/12).

“Diantaranya Melaksanakan giat polmas di Pelabuhan PELINDO III Lembar, menghimbau kepada para penumpang dan pengguna jasa pelabuhan agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” ungkapnya.

Himbauan untuk selalu menggunakan masker, jaga kebersihan lingkungan dan jaga jarak, serta melakukan sosialisasi Perda No. 07 Tahun 2020 tentang penanggulangan penyakit menular.

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Perda inisudah diberlakukan, selain untuk terhindar dari sanksi, yang terpenting adalah bagaimana melindungi diri sendiri, keluarga, dan Masyarakat sekitar,” himbauanya.

Dalam kegiatan Polmas ini, memberikan himbaun kepada nelayan yang akan melaut mencari ikan agar menggunakan alat-alat kesematan sperti lifejacket, pelampung, dan selalu memperhatikan cuaca pada saat melaut.

“Mengingat akhir – akhir ini cuaca tidak menentu, kadang-kadang hujan disertai angin kencang,” imbuhnya.

Walaupun dari hasil pemantauan, situasi perairan lembar dan sekitarnya terpantau terkendali, namun dibutuhkan peralatan yang mumpuni, bila setiap saat dibutuhkan.

“Mengecek Alut sat polairud, untuk memastikan siap dipergunakan dalam kegiatan SAR bila setiap saat dibutuhkan,” jelasnya.

Ditempat lainnya, personel Pos Airud Senggigi melakukan kegiatan Patroli, memonitor wilayah Pesisir Pantai Tanjung Bias dan sekitarnya.

“Memastikan tempat Wisata tetap aman, mengantisipasi terjadinya aksi kejahatan,  sehingga pengunjung tetap merasa aman dan nyaman, tentunya dengan mematuhi protocol Kesehatan,” terangnya.

Untuk itu, personel Sat Polairud Polres lobar mengingatkan kepada  para pengunjung pantai serta warga dan pemilik kedai sekitar pesisir pantai Tanjung Bias agar tetap melaksanakan protokol Kesehatan.

“Dalam pencegahan penyebaran Covid-19, agar selalu Menggunakan masker, jaga kebesihan lingkungan dan jaga jarak,” tandasnya.

Terhadap para nelayan disekitar Tempat Wisata Tanjung Bias juga dihimbau untuk tetap memperhatikan keselamatan dalam melaut, untuk mengantisipasi seperti insiden yang terjadi di Perairan Senggigi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: