Air Rendam Beberapa Desa di Sekotong, Polisi Waspadai Aksi Kejahatan yang Memanfaatkan Situasi

oleh -1 views

Sekotong – Peringatan BMKG tentang perkembangan cuaca di NTB, tentang perkiraan hujan lebat disertai angin kencang, juga berdampak di Wilayah Kecamatan Sekotong Lombok Barat.
Hal ini dikatakan oleh Kaposlek Sekotong, Iptu I Kadek Sumerta, SH saat melakukan pemantauan di Wilayah Hukum Polsek Sekotong, Jumat (29/1).
“Terjadi kelebihan debet Air, yang disebabkan oleh tingginya curah hujan di beberapa Desa di wilayah Kecamatan Sekotong Kab. Lobar, hingga merendam beberapa Desa di wilayah Sekotong,” ungkapnya.
Tingginya curah hujan ini menyebabkan kelebihan debet air yang turun dari atas perbukitan sehingga menyebabkan meluapnya air.
“Sungai tidak mampu menampung kelebihan debet air ini, sehingga meluap dan masuk ke dalam persawahan dan pemukiman warga,” ucapnya.
Kapolsek menjelaskan, karena lokasi rumah warga berada dibawah kaki bukit, air meluap ke rumah warga sehingga menyebabkan beberapa rumah warga dan persawahan terendam air.
“Di wilayah Kec. Sekotong yang terkena dampak kelebihan debet Air tersebut antara lain Desa Sekotong Barat, Desa Pelangan, Desa buwu mas, Desa Cendi manik, Desa Sekotong tengah dan Desa Taman baru,” bebernya.
Dengan terjadinya luapan air di beberapa Desa di Wilayah Sekotong, jajaran Polsek Sekotong tetap melakukan pemantauan dan memonitor perkembangan di semu Lokasi ini.
“Walaupun ini diakibatkan luapan air akibat curah hujan yang tinggi, kepada Masyarakat dihimbau untuk untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan,” pintanya.
Menurutnya, bila ini tidak diperhatikan, akan memperparah keadaan, dimana degan tersumbatnya aliran air, tetunya menghambat kelancaran air itu sendiri.
“Walaupun ini tidak bisa dihindari, setidaknya untuk mempercepat proses surutnya lupan air ini, sehingga diharapkan warga secepatnya terbebas dari rendaman air,” katanya.
Dari hasil pemantaun, sampai dengan saat ini tidak ada Laporan adanya korban jiwa, namun demikian Kapolsek menekankan tetap meningkatkan kewaspadaan.
“Dampak terkait kamtibmas juga kita wasapadai, untuk mengantisipasi pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan situasi ini,” pungkasnya.
Menyikapi ini, kapolsek menekankan untuk meningkatkan kegiatan pencegahan kriminalitas terhadap warga yang terdampak bencana ini, dengan meningkatkan kegiatan patroli.

Baca Juga  Bahas Keputusan Bersama tentang Pembatasan Kegiatan Sosial, Desa Giri Sasak Sepakat untuk Mematuhinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.