Kapolres Lotim Pimpin APel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Rinjani 2021

oleh -7 views

hukrimlobar.com – Apel gelar pasukan Dalam rangka Ops Ketupat Rinjani 2021 polres Lombok Timur di Pimpin langsung oleh Kapolres Lombok Timur AKBP Tunggul Sinatrio, SIK,MH. Rabu (05/05/21).

Giat apel di hadiri juga oleh Kapolres Lotim AKBP Tunggul Sinatrio, S.IK, MH. Waka Polres Lotim Kompol Kiky Firmansyah Efendi, S.IK, MH. Sekda Kab. Lotim Drs. HM. Juaini Taupik, M.Ap, Forkopimda Kabupaten Lotim, Dandim 1615 Lotim diwakili oleh Danramil Selong KAPTEN INF Agil, Kajari Lotim, PJU Res. Lotim, Para Kasat Polres Lotim, Kapolsek Jajaran 2 Pelton TNI 1615 Lotim, 1 Pelton Brimob Labuhan Haji, 1 Pelton Sat Sabahara Res. Lotim, 1 Pelton Sat Lantas Res. Lotim, 2 Pelton Babinkamtibas Jajaran Res. Lotim, 1 Pelton Gabungan Sat Intelkam dan Sat Reskrim Res. Lotim, 1 Pelton Dishub Pemda Kab. Lotim, 1 Pelton Sat Pol PP Pemda Kab. Lotim, 1 Pelton Damkar Pemda Kab. Lotim, 1 Pelton SAR Pemda Kab. Lotim, Perwakilan Tokoh agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat Kab. Lotim.

Dalam amanatnya Kapolres Lombok Timur membacakan amanat Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo.Msi ” apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan ops ketupat Rinjani dalam rangka pengamanan hari raya idul fitri 1442 Hijrah baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas.” Ucap Kapolres.

“Hari raya idul fitri di 1442 hijrah dirayakan oleh mayoritas masyarakat indonesia, peningkatan aktifitas masyarakat akan terjadi dalam bentuk kegiatan ibadah dan kegiatan masyarakat di sentra sentra ekonomi, destinasi pariwisata serta kegiatan budaya seperti takbir keliling dan halal bihalal dan hal ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas dan pelanggaran protokol kesehatan covid 19.” Lanjut nya.

Baca Juga  Bersama Mahasiswa Unram, Sat Lantas Lotim Gelar FGD Dengan Tema " Balap Liar Bukan Balap Cepat"

Berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus kita antisipasi antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi pengrusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan lonsor sebagai dampak dari musim penghujan.

“Oleh karena itu polri menyelenggarakan ops ketupat Rinjani 2021 yang akan dilaksanakan selama 12 hari terhitung mulai tanggal 06 sampai 17 mei 2021 dengan tema sinegeritas Polri dengan instansi terkait dalam memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan idul fitri 1442 hijrah.

Dalam pelaksanaan operasi ketupat Rinjani 2021 polres Lotim mendirikan Pospam sejumlah tiga titik, yaitu di Desa Jenggik Kecamatan Terara, di Desa Sepapan Kecamatan Jerowaru dan Pelabuhan Kayangan Kecamatan Pringgabaya, Pos penyekatan berlokasi di daerah perbatasan Kabupaten guna mengantisipasi para pemudik yang berasal dari luar Kabuapten masuk maupun melintas ke wilayah Kabupaten Lombok Timur. “Ujar Kapolres.

Operasi Ketupat Rinjani 2021 akan dilaksanakan selama Duabelas hari terhitung mulai tanggal 06 sampai dengan 17 Mei 2021, dengan melibatkan 122 orang Personil Polres dan Polsek, TNI 6 orang, Dishub 12 orang, Satpol-PP 16 orang, Damkar 10 orang, ASDP 6 orang, Pramuka 60 orang, Basarnas 10 orang, yang terploting di tiga Pospam.”Ungkapnya.

Kapolres Lotim melalui Kasubaghumas Iptu Lalu Jaharudin mengatakan “Tujuan operasi ketupat ini adalah masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman, nyaman serta terhindar dari bahaya covid 19, dengan Kondisi yang aman dan kondusif merupakan dambaan setiap warga negara, karena masyarakat dapat menjalankan aktifitas dengan optimal tidak di liputi oleh rasa khawatir dan rasa takut.”Harapnya.

Baca Juga  Melanggar Protokol Kesehatan, Puluhan Warga Terjaring Razia Ops Yustisi Polsubsektor Kuripan Polres Lobar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.