Operasi Yustisi Dilakukan Polsek Masbagik Bagi Pengendara Roda Dua Dan Roda Empat

oleh -2 views

hukrimlobar.com – Polsek Masbagik bersama satuan tugas Covid-19 menggelar operasi yustisi untuk menertibkan pengendara yang melanggar protokol kesehatan (Prokes). Operasi gabungan ini dimaksudkan untuk menegakan peraturan daerah (perda) nomor 7 tahun 2020 untuk mengantisipasi penyebaran penyakit menular di Kecamatan Masbagik, pada hari sabtu (19/06),

Petugas gabungan yang turun menyisir pelanggar Prokes ini diantaranya, Kapolsek Masbagik bersama 8 orang anggota jaga, 2 orang anggota TNI,  3 orang anggota SatPol-PP, pers dishub kabupaten Lombok timur 2 orang, kasi trantib kecamatan masbagik 2 orang.

Giat ini di mulai sekira pukul 09.00 wita ini dan di gelar di 4 lokasi berbeda, seperti di Jalan raya Utama Masbagi menuju Mataram (Depan Pasar Paok Motong dan Depan Mako Polsek Masbagik), Jalan Raya Masbagik menuju Pancor (Depan Pasar Masbagik Baru dan Depan Pasar Lama Masbagik, Jalan Raya Desa Danger menuju Desa Lendang Nangka (Depan Kantor Desa Danger), Jalan Raya Desa Paok Motong menuju Desa Kesik.

Namun sebelum masing-masing berangkat ke lokasi, petugas gabungan melakukan apel persiapan yang di pimpin langsung Kapolsek Masbagik AKP Zainuddin Basri, dalam rangka memberikan arahan agar pelaksanaan operasi yustisi jalankan dengan cara humanis.

Menurut Kapolres Lombok Timur AKBP Tunggul Sinatrio, SIK, MH, melalui Kapolsek Masbagik, AKP Zainuddin Basri, mengatakan bahwa Operasi yustisi ini dilaksanakan dalam rangka menertibkan pengendara roda dua maupun roda empat yang tidak menjalankan disiplin Prokes.

Hal itu sejalan juga dengan Instruksi presiden (inpres) nomor 6 Tahun 2020, peraturan daerah (Perda) NTB nomor 7 Tahun 2020 dan peraturan bupati (Perbup) Lotim nomor 39 Tahun 2020. Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit menular seperti virus Covid-19 di tengah masyarakat.

Ditambah lagi, masih ramai di jumpai pengendara yang lalai menggunakan masker akibat kurangnya kesadaran tentang bahaya Covid-19. “Masih saja kita temukan, warga memakai maskernya pada saat melihat petugas saja, tapi selebihnya, masker di taruh di kantong atau jok motor”tuturnya.

Baca Juga  Polres Lotim Perketat Prokes Di Pelabuhan Kayangan Labuhan Lombok, Guna Menekan Angka Penularan Covid - 19

Bagi pengendara maupun penumpang yang kedapatan tidak menggunakan masker atau tidak menjaga jarak akan dikenakan sangsi oleh petugas.” Ada yang kita tegur, ada juga yang kita hukum dengan menyapu di sekitar lokasi, tapi ada juga pengendara yang kami berikan masker”terangnya.

Dalam operasi yustisi kali ini, aparat gabungan berhasil menjaring 56 pengendara yang dianggap melanggar Prokes, diantaranya 44 orang diberikan sangsi teguran lisan, 8 orang siberikan sangsi tertulis 4 orang diberikan sangsi sosial yang diminta untuk pust up, sambil di berikan imbauan untuk menjalankan langkah 5M (memakai masker,menjaga jarak,mencuci tangan,mengindari kerumunan, mengurangi mobilitas) agar terhindar dari Covid-19

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.