Satpas SIM Prototype Polres Lombok Barat, Baru Pertama di NTB

oleh -0 views

Lombok Barat, NTB – Kapolda NTB, Irjen Pol Mohammad Iqbal S.I.K., M.H., meresmikan Gedung Satuan Penyelanggara Administrasi (Satpas) SIM Prototype Polres Lombok Barat, bersama dengan Proyek Pembangunan lainnya di NTB, Sabtu (25/12/2021).

Kapolres Lombok Barat, Polda NTB, AKBP Wirasto Adi Nugroho SIK mengatakan, terkait dengan Satpas SIM Prototype ini, pelayanan SIM di Polres Lombok Barat harus lebih cepat.

“Hari ini, kita meresmikan dua proyek di Polres Lombok Barat yang diresmikan langsung oleh Bapak Kapolda, salah satunya Satpas SIM Polres Lombok Barat Prototype,” ungkapnya.

Sehingga, kedepan pelayanan SIM di Polres Lombok Barat ini, sudah harus menggunakan tekhnologi yang lebih canggih dan modern.

“Artinya, dalam pelayanan SIM tersebut harus lebih cepat, lebih mudah dan transparan bahkan nanti akan menerapkan tekhnologi,”ucapnya.

Untuk itu, tidak ada lagi masyarakat yang menggunakan calo dan lain sebagainya.

“Tapi karena ini peralatannya belum lengkap, pelan-pelan kita akan sediakan dulu, kalau sudah OK semua, harapannya pelayanan SIM di Polres Lombok Barat ini tentunya bisa lebih mudah dan bisa dinikmati oleh masyarakat kita secara transparan,” bebernya.

Menurut Kapolres, kemudahan-kemudahan dengan memenfaatkan teknologi ini, dibuktikan dengan program Mabes polri melalui aplikasi SINAR, yang memungkinkan Masyarakat mendaftar SIM secara online.

“Dengan aplikasi SINAR, Masyarakat sudah bisa mendaftar secara online, kemudian dari pendaftaran itu dia bisa mendatangani Satpas SIM terdekat untuk mendapatkan pelayanan,” jelasnya.

Kemudian Satpas SIM ini akan dilengkapi dengan FIFO (First In First Out), sehingga dipastikan tidak ada aksi calo terkait pelayanan SIM di Polres Lombok Barat.

“Jangan sampai nanti yang datang duluan ada yang masuk menggunakan calo dan lain sebagainya, melalui FIFO ini, dipastikan hal tersebut tidak akan terjadi,” katanya.

Baca Juga  Polsek Peringgabaya Lakukan Patroli Blue Light, Ini Harapan Kasubbag Humas

Kapolres menegaskan bahwa, melalui penggunaan tekhnologi ini, untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan – penyimpangan atau pungli – pungli di lapangan.

“Tentunya sangat berkaitan dengan kenyamanan, artinya Gedung Satpas SIM Prototype ini, dilengkapi dengan Fasilitas Umum dan fasilitas penunjang lainnya, sehingga Masyarakat sebagai pemohon pelayanan SIM akan mendapatkan kenyamanan” imbuhnya.

Setiap ruangan dilengkapi dengan AC, kemudian dilengkapi juga terdapat ruang bermain anak, tempat bagi disabilitas dan pelayanan ujian teori dalam satu tempat.

“Sehingga harapannya masyarakat merasa semakin puas dengan pelayanan SIM di Polres Lombok Barat,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.