Aksi Damai Bela Bela Leluhur TGH. Ali Batu Di Depan Kantor Bupati Lotim Berjalan Kondusif

oleh -0 views

hukrimlobar.com – Aksi damai dari Masyarakat yang mengatasnamakan diri Bela Leluhur TGH. Ali Batu yang bertempat di depan Kantor Bupati Kabupaten Lombok Timur berjalan Kondusif. Rabu ( 05/01/21).

Sebelum dilakukan pengamanan, Kepolisian Resor Lombok Timur melakukan Apel Kesiapan Pengamanan pada pukul 08.00 wita yang dipimpin langsung oleh Kapolres Lombok Timur AKBP Herman Suriyono. S.I.K, M.H, yang melibatkan Personel Polres Lombok Timur dan jajaran Polsek, unsur TNI – Sat Brimob, Sat Samapta Polda NTB, Dinas Perhubungan  dan Polisi Pamong Paraja Kabupaten Lombok Timur.

Selain Kapolres Lotim Turut hadir ; Dandim 1615 Lotim, Dansat Brimob, Dir Binmas Polda NTB, Waka Polres Lotim, PJU Polres Lotim, Kasat Pol PP.

Dalam arahannya Herman mengatakan;  Hari ini kita berdiri disini untuk memberikan pelayanan pengamanan aksi damai dengan persuasif dan humanis, serta SOP pengamanan aksi agar dipedomani tanpa ada Personel yang membawa senpi, dalam pelaksanaan tugas nanti harus tetap semangat, bersinergi untuk melaksanakan tugas dengan steak holder terkait karena kita ini masih dalam situasi pandemi Covid, masyarakat yang melaksanakan aksi juga harus mematuhi Protokol Kesehatan Covid – 19, dalam melaksanakan pengamanan kita tidak boleh Underestimate, kita harus pastikan jalannya aksi damai ini berjalan Kondusif dari awal hingga akhir.

Jalannya aksi damai tersebut tidak luput dari upaya Kepolisian Resor Lombok Timur dan unsur terkait dalam melakukan pengamanan, seperti perintah Kapolres Lotim selaku penanggung jawab keamanan jalannya Aksi damai, Polwan sebagai Dalmas humanis membagikan air minum saat jalannya aksi damai ditengah pansnya terik Matahari, selain itu Polwan Polres Lotim juga membagikan Masker kepada Masyarakat yang turut serta dalam aksi damai yang tidak / lupa membawa Masker, hal ini dilakukan supaya Penerapan Protokol Kesehatan saat Aksi Damai berjalan sesuai dengan Protokol Kesehatan Covid – 19.

Baca Juga  Hari Ini Petasan Dan Knalpot Racing Kembali Dimusnahkan Polres Lombok Timur Bersama Para Tuan Guru

Saat aksi damai berjalan Bupati Lombok Timur didampingi, Wakil Bupati, Kapolres Lotim, Dandim 1615,Kasat Pol PP dan Kabag Kesbangpoldagri Kabupaten Lombok Timur.

Masa Aksi yang yang menuntut Proses Hukum atas tindakan yang telah dilakuakn oleh TGH. Mizan Qudsiah Lc. M.A,

Menanggapi tuntutan masa Aksui Bupati Lotim mengatakan “ Kami akan mengawal apa yang menjadi penyampaian dan tuntutan masyarakat”.

Lebih lanjut Bupati Lotim mengatakan;  baru pertama kali melihat aksi unjuk rasa yang begitu tertib dengan jumlah massa yang cukup banyak. “Saya sudah delapan tahun jadi bupati. Baru sekarang (hari ini, red) saya melihat massa aksi yang begitu tertib,”sanjungnya.

Oleh sebab itu,Ketertiban dalam aksi bela ulama ini patut dijadikan contoh terhadap para pihak yang akan melakukan aksi dikemudian hari. “Semoga aksi hari ini dapat dijadikan contoh. Aksi harus dilaksanakan secara aman, tertib dan damai. Tidak ugal-ugalan,”tegas bupati.

Sementara itu Herman mengatakan; Saya selaku Kapolres Lombok Timur , mengucapkan ribuan terimakasih kepada para ulamak dan bapak ibu sekalian telah menyampaikan aspirasinya dengan baik dan tertib, saat ini pihak kepolisian Resor  Lombok Timur dengan Polda NTB tengah berupaya melakukan Proses Penegakan Hukum terkait ujaran kebencian yang terjadi  saya minta kepada bapak ibu sekalian untuk menahan diri, tidak maen hakim sendiri, percayakan bahwa kita hidup di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan Hukum tidak boleh main hakim sendiri, saat ini petugas sedang melakukan upaya penanganan hukum dan silahkan nanti diikuti perkembangannya nantinya kami juga akan sampaikan.

Yang terakhir kami harapkan manakala kegiatan ini sudah selesai agar masa aksi pulang ke rumah masing masing dengan tertib.saya yakin masa aksi hari ini adalah Masyarakat yang taat hukum dan bisa bersinergi dengan Forkopimda untuk menciptakan Kabupaten Lombok Timur yang kondusif.pungkasnya.

Baca Juga  Maksimalkan Pos Pengamanan, Polres Lobar Tambah Sembilan Pos Pantau

Senada dengan ungkapan Kapolres Lotim, Kasi Humas Iptu Nikolas Osman mengucapkan Terimakasih banyak kepada seluruh Personel yang telah melaksanakan tugas dengan baik, terimakasih juga kami ucapkan kepada seluruh masa aksi yang telah menyuarakan tuntutannya dengan baik sehingga Aksi damai berjalan Kondusif.

Lebih lanjut Kasi Humas menghimbau kepada seluruh lapisan Masyarakat untuk tetap memelihara situasi Kamtibmas minimal dilingkungan masing – masing, jika ada hal yang dirasa dapat mengganggu stabilitas Kamtibmas agar segera melaporkan hal tersebut kepada Bhabinkamtibmas masing – masing atau menghubungi Kantor Polisi terdekat untuk segera dilakukan penanganan.

Terkait adanya beberapa tuntutan yang dilakukan masa aksi hari ini, agar warga tetap tenang, jangan melakukan tindakan yang bersifat Kontra Produktif, biarkan pihak berwajib memperoses sesuai dengan hokum yang berlaku, perkembangan kasus silahkan dipantu kami juga akan membuka diri jika ada yang menanyakan terkait perkara ini.pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.