Binkam  

Menteri Pemberdayaan Perempuandan Perlindungan Anak RI Berkunjung Ke Kabupaten Lombok Timur

hukrimlobar.com – Dalam Ranka Peluncuran Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) Kabupaten Lombok Timur yang mengusung Tema “Perempuan Berdaya, Anak Terlindungi Indonesia Maju”. Menteri Pemberdayaan Perempuandan Perlindungan Anak RI atas nama I Gusti Ayu Bintang Darmawati, kunjungi Kabupaten Lombok Timur tepatnta di Kantor Desa Labuhan Lombok Kecamatan Pringgabaya. Senin (07/03/22), pukul 13.20 Wita.

Selain Menteri Pemberdayaan Perempuandan turut hadir;  Anggota Komisi VII DPR RI  Fraksi Partai Demokrat Nanang Samudra, Pejabat setingkat Dirjen Kementrian yang ada dalam rombongan, Kadis P3AKB Prov NTB, Forkopimda Lotim, Ibu Bupati Kabupaten Lombok Timur,Sekda Lotim Drs. H. Juaini Taupik, M.Ap. bersama OPD Terkait Pemda Kabupaten Lombopk Timur yang berkaitan dengan bidang Sosial Budaya, Kadis P3AKB Kab. Lotim H. Ahmat A, SKep.M.M,Camat Sekabupaten Lombok Timur dan 13 Desa ramah perempuan dan Peduli anak yang ada di Kabupaten Lombok Timur

Dalam kesempatan tersebut dibacakan Surat Keputusan Bupati Lombok Timur Nomor : 188.45/105/P3AKB/2022 Tentang Pemetapan Desa ramah permepuan dan Peduli anak di Kabupaten Lombok Timur Tahun 2022. Tanggal 24 Feberuari 2022. Diantaranya yang terdiri dari 13 Desa yang ada di Kabupaten Lombok Timur.

Sukiman Azmi selaku Bupati Lotim menyampaikan Sambutan sekaligus Kata-kata penerimaan Bupati Lombok Timur oleh Sekretaris Daerah Kab. Lotim Drs. H. M. Juaini Taofik, M.Ap yang intinya; Desa Labuhan Lombok adalah Desa Terbaik ke 2 Lomba Desa Prov NTB sehingga Bapak Bupati Kabupeten Lombok Timur memutuskan menyambut menteri di Desa Labuhan Lombok, Pemerintahan Sukma sesuai RPJMD dan Misinya yakni Memperkuat Perlindungan Perempuan dan Anak,Di tahun 2019 Ketimpingan Perempuan hanya mencapai 0,42 dan Allhamdulillah Tahun 2022 mencapao 0,299 dan selanjutnya mengharpakan Arahan dan bimbingan Bu Menteri sesuai Take Line Bupati Kabupaten  Lombok Timur  “Ditengah pandemi kita harus berkolaburasi tangguh bersama”.

Baca Juga  Kembali Petugas Gabungan Adakan Razia Protocol Kesehatan Di kecamatan Pemenang.

Sementara itu Anggota Komisi VIII DPR RI  Fraksi Partai Demokrat Nanang Samudra menyampaiakn; Angka Kematian ibu dan anak serta Stanting cukup tinggi diwilayah kab. Lotim sehingga Ibu Menteri kami harapkan untuk adanya arahan guna menekan angka tersebut, Anggaran Menteri PPA ini anggaran terbatas karena diantara menteri yang lainya menteri PPA memiliki anggaran yang kecil akan tetapi walaupun anggaran terbatas ibu Menteri sering melakukan kunjungan kerja.

Kami merasa bangga dengan adanya SK yang telah dibuat oleh Bupati Kab. Lotim khusus untuk perempuan dan anak.tandasnya.

Dalam Kesempatan tersebut Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI sekaligus melaunching Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak yang pada menyampaikan; 10 Program PKK merupkan irisan untuk mewijdkan program Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak.

Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintahan Kabupaten Lombok dan NJO yang telah mewujutkan progaram Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak, Data dan indeks NTT IPM, IDG, IPA, Perkawinan anak masih tertinggi no 4 Seindonesia. Guna menekan angka tersebut kita harus bergabdengan tangan mulai dari pemerintah Pusat sampai dengan tingkat Desa.

Semoga 13 Desa yang menjadi model programDesa Ramah Perempuan dan Peduli Anak mampu melaksanakan komitmenya dengan implementasi di lapangan terlaksanan dengan baik.

Di Lombok Timur cukup bayak kekerasan terhadap perempuan dan perkawinan anak kemudian guna menekan hal tersebut pemerintah desa telah mengelurkan Perdes dan Awik-awik di tingkat Desa.

Pemerintah tidak bisa sendiri tanpa dukungan dari para tokoh agama, Tokoh Masyarakt dan tokoh Adat yang ada di Desa kami tidak akan bisa melaksanakan tugas dengan baik, Kabupaten Lombok Timur Akan menjadi inspirasi untuk kabupaten lain di Prov NTB dan kegiatan tersebut dilanjutkan dengan Dialog terkait dengan perempuan dan anak, Rangkaian kegiatan Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan anak tersebut diamankan oleh Personel Polres Lotim bersama jajaran dan Instansi terkait.

Baca Juga  Vaksinasi Booster Untuk Pengamanan MotoGP, Lombok Barat Dipusatkan di Pelabuhan Lembar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.