Vaksinasi Mobile Dinilai Efektif di Medan Sulit Sekotong

Lombok Barat, NTB – Menghadapi Medan yang sulit, Petugas Vaksinator Kecamatan sekotong mengandalkan Vaksinasi Mobile untuk segera menuntaskan capaian vaksinasi di Kecamatan Sekotong.

Kapolsek Sekotong Iptu I Kadek Sumerta, SH mengatakan, peluncuran Vaksinasi Mobile Polres Lombok Barat ini sangat mempengaruhi dalam mendukung capaian vaksinasi di Wilayahnya, Jumat (11/3/2022).

“Yang semula terkendala medan yang sulit, serta rumah warga yang saling berjauhan, melalui vaksinasi mobile ini saat ini merupakan solusi terbaik untuk mengatasi ini,” ungkapnya.

Bagi jajarannya, vaksinasi mobile ini sangat penting dalam capaian vaksinasi di Wilayahnya, dalam menjangkau masyarakat yang mayoritas berprofesi sebagai petani dan sebagian nelayan ini.

“Dulu masyarakat kesulitan mendatangi langsung Gerai vaksin yang disiapkan, terutama yang berada di tempat terpencil atau yang berdomisili di lokasi-lokasi dengan medan sulit,” katanya.

Melalui Vaksinasi mobile ini, dampaknya mulai dirasakan yang dibuktikan dengan pencapaian vaksinasi hari ini.

“Dukungan juga diberikan dalam memaksimalkan input data, dimana Polres Lobar menurunkan Batalyon P-Care langsung dari Polres Lombok Barat, dan ditempatkan di Sekotong,” imbuhnya.

Menurutnya ini sangat penting dalam capaian vaksinasi mobile, karena sejalan dalam menentukan sasaran, sehingga lebih tepat sasaran.

“Data yang valid dapat meminimalisir kendala dilapangan, sehingga dapat mengetahui sasaran yang dituju,” ujarnya.

Melalui Vaksinasi mobile ini juga tidak terlepas dari peran semua pihak, baik dari tingkat Kecamatan hingga ketingkat dusun atau RT.

“Tidak hanya memaksimalkan peran Bhabinkamtibmas saja, tugas ini juga dilakukan oleh seluruh Anggota Polsek Sekotong, yang melakukan antar jemput terhadap sasaran vaksin,” katanya.

Hal ini dilakukan, juga untuk mengatasi kendala dalam menemui sasaran, dimana aktifitas masyarakat yang sebagian besar berprofesi sebagai petani, agak sulit ditemui.

Baca Juga  Panen Cabai, Petani Temukan Jasad Bayi Perempuan

“Sehingga sekarang lebih terarah dalam menemukan sasaran vaksin, dengan mengandeng aparatur Desa setempat, hingga tingkat RT, melalui koordinasi yang intens, dari masing-masing anggota,” pungkasnya.

Terlihat dari capaian Kecamatan Sekotong, dimana Kecamatan Sekotong berhasil bertengger paling atas, dalam Capaian vaksinasi hari ini.

Adapun capaian Vaksinasi hari ini, kecamatan sekotong memperoleh capaian sebanyak 188 dosis.

“Jadi Vaksinasi Mobile ini benar-benar lebih efektif dan efisien, terutama dalam menentukan sasaran vaksin, sehingga capaian bisa lebih maksimal,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.