Kepadatan Arus Penyeberangan Pasca MotoGP, Polres Lobar Urai Kemacetan, ASDP Lembar Tambah Trip Penyeberangan

Lombok Barat, NTB – Antusias penggemar MotoGP Mandalika sangat luar biasa, sehingga menyebabkan membeludaknya penonton MotoGp di Mandalika.

Tidak terkecuali terdampak kepada arus balik penyeberangan di Pelabuhan Lembar, sehingga mengalami penumpukan kendaraan yang akan kembali, baik ke Pulau Bali maupun Pulau Jawa, Senin (21/3/2022).

Kapolres Lombok Barat AKBP Wirasto Adi Nugroho, SIK terkait arus penyeberangan yang dari tadi malam telah berjalan normal, Minggu (20/3/2022) namun pagi ini kembali terjadi kepadatan karena dibukanya lagi penyeberangan untuk operasi Truck Barang.

“Sempat terjadi antrean panjang pagi ini, namun kita melakukan upaya untuk mengatasi dan mengurai penumpukan akibat kepadatan kendaraan ini,” ungkapnya.

Diantaranya mengarahkan sementara truk-truk barang yang akan menyeberang, baik ke pulau bali maupun Pulau Jawa, diarahkan dikantong-kantong parkir sementara.

Selain itu, Petugas memberlakukan sistem buka tutup untuk memengurai penumpukan kendaraan yang datang dari bongkaran kapal juga tetap bisa.

“Alhamdulillah, antrean yang sempat menular panjang tadi pagi, kini barangsur-angsur berhasil diurai, hingga arus lalulintas kembali berjalan padat lancar,” pungkasnya.

Selain memaksimalkan pengaturan Lalulintas dalam mengurai kemacetan, koordinasi diperkuat dengan pihak PT. ASDP terkait penambahan armada penyeberangan.

“Akhirnya diperoleh informasi bahwa, solusinya dengan melakukan penambahan Trip penyeberangan, yang memprioritaskan jadwal keberangkatan,” ujarnya.

Namun karena jumlah kendaraan yang hendak menyebrang terus berdatangan, maka pengalihan sementara ke Kantong parker tetap dilakukan, sebagai upaya mencegah terjadinya antrean panjang di jalan menuju ke Pelabuhan.

“Situasi terakhir walaupun terjadi kepadatan arus kedaraan, berangsur-angsur penumpukan kendaraan mulai berkurang,” tandasnya.

Dalam perhelatan Event MotoGP mandalika 2022 ini, sebanyak kurang lebih 60.000 penonton yang datang, termasuk dari Jawa dan Bali, yang memanfaatkan Jalur penyeberangan.

Baca Juga  Bhabinkamtibmas Desa Bebidas Lakukan Silaturrahmi Guna Penerapan Protokol Kesehatan Covid - 19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.