Binkam  

Pemantauan dan Pengamananaa Lebaran Topat di Lembar, Situasi masih Kondusif

Pemantauan dan Pengamananaa Lebaran Topat di Lembar

Lombok Barat, NTB – Personel Polsek Lembar, Polres Lombok Barat Polda NTB melakukan pemantauan dan pengamanan aktifitas Masyarakat dalam perayaan Lebaran Topat di Wilayahnya, Senin (9/5/2022).

Kapolsek lembar Ipda I Ketut Suriarta, S.H., M.I.Kom mengatakan, dari hasil pantauannya ada salah satu kegiatan Masyarakat menonjol di Wilayahnya.

“Sehingga melaksanakan pemantauan kegiatan pengamanan hajatan lebaran topat di Eko Wisata Lembar Selatan Desa Lembar Selatan Kecamatan Lembar Lombok Barat,” ungkapnya.

Yang mana, kegiatan pengamanan Lebaran Topa merupakan kegiatan hajatan tahunan yang masuk dalam kalendar kamtibmas Polres Lobar.

“Untuk  titik pengamanaya antara lain di Simpang tiga Serumbung, Simpang tiga Pol Air, Simpang tiga kebun kelapa, Jembatan Cemare. Kemudian Penyeberangan wisata Makam Keramat, Simpang tiga masuk lokasi pantai cemara, Lokasi Cemare, Lokasi pantai kupu-kupu. Termasuk Rest area tanjung nyet,” jelasnya.

Sehingga dalam kegiatan ini, dengan jumlah titik dalam pelaksanaa pengamanan atau pemantauan sebanyak sembilan titik.

“Dalam pengaturan arus lalulintas, memberlakukan sistem buka tutup di jembatan pintu masuk Eko Wisata Lembar Selatan. Mengingat jembatan penghubung Eko Wisata Lembar Selatan hanya bisa di lalui satu kendaraan saja,” katanya.

Sehingga terjadi penumpukan, namun bisa terurai hingga tidak sampai menyebabkan penumpukan kendaraan yang menular.

“Kepada para pengunjung, kami himbau untuk selalu memperhatikan keselamatan keluarga dan barang bawaan. Serta memarkir kendaraan di kantong-kantong parkir yang sudah di tentukan dan dalam keadaan terkunci,” imbaunya.

Terkait dengan penyeberangan untuk masyarakat yang akan melaksanakan ziarah ke makam keramat, pihaknya uga mengingatkan tentang keselamatan.

“Kepada penyedia jasa telah kami himbau, untuk memperhatikan kapasitas penumpang. Sehingga tidak operload guna meminimalisir hal-hal yang tidak kita inginkan,” katanya.

Baca Juga  Ini Hal Yang Disampaikan Bhabinkamtibmas Desa Rumbuk Timur Kepada Warga

Terkait dengan pengunung dalam kegiatan hajatan Eko Wisata Lembar Selatan, dengan perkiraan estimasi pengunjung sebanyak sebanyak 12 ribu pengunjung. Berdasarkan dari potongan tiket yang terjual sebanyak 12.600 orang.

“Dari hasil koordinasi dengan pengelola Eko Wisata Lembar Selatan sudah bekerjasama dengan PMI Lombok Barat dan Puskesmas Jembatan Kembar. Telah menyiapkan mobil ambulans sebanyak tiga Unit untuk menyiagakannya di Lokasi ini,” terangnya.

Secara keseluruhan kegiatan hajatan lebaran topat di Eko Wisata Lembar Selatan Desa Lembar selatan Kec. Lembar Kab. Lobar berjalan dengan aman,lancar dan kondusif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.