Lugas, Berimbang dan Terpercaya

Rangkaian Kegiatan Preventif Jajaran Sat Samapta Polres Lobar di Polsek-polsek

Rangkaian Kegiatan Preventif Jajaran Sat Samapta Polres Lobar di Polsek-polsek

Lombok Barat, NTB – Kasat Samapta Polres Lombok Barat AKP Bambang Indrat Sugianto, S. Sos, membeberkan kegiatan-kegiatan preventif seluruh Jajaran Unit Samapta Polsek Jajaran, Jumat (22/7/2022).

“Dari hasil pemantauan, secara umum di Wilayah Hukum Polres Lombok Barat masih dalam keadaan aman dan terkendali, melalui berbagai kegiatan pencegahan atau kegiatan preventif,” ungkapnya.

Seperti kegiatan Patroli, Penjagaan, serta pengaturan lalulintas, dalam mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas di Wilayah Hukum Polres Lombok Barat.

Berikut rangkaian monitoring kegiatan unit-unit samapta Polres Lombok Barat, yang merangkumnya dari Polsek di Wilayah Hukum Polres Lombok Barat.Rangkaian Kegiatan Preventif Jajaran Sat Samapta Polres Lobar di Polsek-polsek

 

Unit Samapta Polsek KP3 Lembar

Unit Samapta Polsek KP3 Lembar melaksanakan kegiatan pemeriksaan bongkaran kapal yang sandar di Dermaga Pelabuhan PT ASDP Lembar. Kemudian melaksanakan kegiatan patroli Blue Light di area Pelabuhan PT ASDP Lembar dan Pelabuhan PT Pelindo III lembar.

“Dalam kegiatan patroli di Pelabuhan ini, berdialogis dengan pengguna Jasa guna mencegah Pungutan Liar (pungli) dan Premanisme,” ungkap Kasat Samapta.

Selain itu juga melaksanakan kegiatan imbangan Penegakkan Yustisi Covid-19 dalam rangka penertiban penggunaan Masker terkait Perda NTB No.7 Tahun 2020. Tentang Penanggulangan Penyakit Menular.

Selama kegiatan berlangsung terdapat  10 (Sepuluh) Orang pelanggar yang tidak memakai masker sehingga melayangkan teguran secara lisan terhadap 10 orang tersebut.

Kemudian melakukan kegiatan pengamanan pembelian tiket di toll gate pelabuhan PT. ASDP Lembar guna mengantisipasi adanya gangguan di sini.

“Sebagai upaya pencegahan tindak pidana premanisme, percaloan serta pungli di wilayah Pelabuhan, sekaligus Pemeriksaan Surat -Surat Kendaraan (SIM dan STNK),” imbuhnya.

Selain menyasar di area pelbuhan , dalam kegiatan patroli juga menyasar di Objek Vital di antaranya PT. Bosowa, dan PT. Indocement.

Baca Juga  BLT DD Sekotong Barat Tahap Empat Cair, Polsek Sekotong Perketat Prokes

“Secara umum situasi Kamtibmas di sekitar area Pelabuhan Lembar terpantau aman terkendali,” katanya.

 

Unit Samapta Polsek Kediri

Anggota unit Samapta Polsek Kediri melaksanakan giat Patroli Dialogis di Desa Kediri Selatan, Kecamatan Kediri, Lombok Barat

“Melaksanakan giat Patroli tatap muka dengan masyarakat Desa Kediri Selatan, memberikan himbauan kepada masyarakat setempat. Agar selalu menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif diseputaran  wilayah tempat tinggalnya,” ucapnya

Selan itu juga memberikan himbauan kepada masyarakat seputaran untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan guna mencegah penularan virus Covid-19.

“Kemudian melanjutkannya dengan melaksanakan kegiatan Patroli Blue Light bertempat di depan SPBU Nyiur Gading desa Montongare, Kecamatan Kediri, Kab. Lobar.Tujuan dari kegiatan Patroli Blue Light guna monitoring situasi Kamtibmas. Seperti dalam mengantisipasi kejahatan 3C, Balap Liar dan gangguan Kamtibmas lainnya,” terangnya.

 

Unit Samapta Polsek Labuapi

Anggota unit Samapta Polsek Labuapi melaksanakan kegiatan patroli Blue Light di Underpass Bajur Desa Bajur Kecamatan Labuapi Lombok Barat.

“Mengelilingi BIL 2, Polsek Labuapi kemudian standbay di Underpass Desa Bajur untuk memantau situasi. Untuk antisipasi 3C serta mencegah gangguan Kamtibmas seperti balap liar dan gangguan lainnya,” imbuhnya.

Kemudian mengambil Route patroli Blue Light di Perumahan padat penduduk Perumahan Mavilla Kecamatan Labuapi Lombok Barat dan sekitarnya.

“berdialogis memantau situasi sekitar perumahan, untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas guna menjaga stabilitas keamanan masyarakat. Mengingatkaan penjaga agar selalu waspada serta selalu berkoordinasi dengan warga dan tokoh masyarakat setempat,” jelasnya.

 

Unit Samapta Polsek Kuripan

Anggota unit Samapta Polsek Kuripan melaksanakan kegiatan patroli di dusun Sedayu Kuripan antisipasi 3c, begal, balap liar dan kejahatan lainnya. Serta menghimbau masyarakat yang belum vaksin 1, 2 dan 3 (boster) agar menyelesaikannya dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga  Bhabinkamtibmas Desa Tanjung Luar Kunjungi Warga Binaan Guna Stabilitas Kamtibmas

“Menyisir di seputaran Desa Jagaraga antisipasi 3c, begal dan kejahatan lainnya, kemudian mengambil route depan ponpes Nurul Madinah Kuripan Utara,” imbuhnya.

Kemudian menyambangi lapas kelas IIA Mataram  guna memantau situasi sekitar, mencegah terjadinya aksi kriminalitas maupun gangguan lainnya.

 

Unit Samapta Polsek Lembar

Mengawalinya dengan kegiatan patroli non Yustisi mobile antisipasi 3C dan aksi Kejahatan Lainnya serta berdialogis dengan masyarakat di sepanjang Jalur Gerepek Desa Labuan Treng. Lalu berdialogis dengan masyarakat di sepanjang jalan Eat Mayang sampai dengan Dsn Kebon Talo,

“Monitoring di sepanjang route yang dilalui, terutama dalam mengantisipasi aksi begal maupun kejahatan jalanan lainnya,” pungkasnya.

Kemudian, anggota unit Samapta Polsek Lembar menyisir dan berdialogis dengan masyarakat di kandang Kumpul Dsn Lendang Jae dan komplek Perumahan di Dsn Tibu Lingkung

“Menghimbau para penjaga kandang kolektif ini, agar beristirahat secara bergantian untuk menghindari terjadinya pencurian ternak,” imbuhnya

 

Unit Samapta Polsek Gerung

Unit Samapta Polsek Gerung melaksanakan kegiatan Patroli Rutin di seputaran Pertokoan Dasan Geres, Jln Soekarno Hatta, Simpang Lima Patung Koperasi. Kemudian juga menyambangi Kandang kumpul Reyan Baru, dan simpang empat mesanggok.

“Sasarannya Anak anak muda yang masih nongkrong, Penjaga kandang kumpul, dan pertokoan, Guna Antisipasi 3c dan kejahatan lainnya,” katanya.

 

Unit Samapta Polsek Batulayar

Unit Samapta Polsek Batulayar melaksanakan kegiatan pengaturan lalulintas pada malam hari di Simpang Empat Montong, Desa Meninting, Kecamatan Batulayar.

“Mengantisipasi segala bentuk kegiatan masyarakat baik dijalan raya maupun di tempat – tempat obyek wisata guna terciptanya Harkamtibmas,” ucapnya.

Kemudian melanjutkannya dengan kegiatan Patroli Monitoring Wilayah Batulayar antisipasi 3C dan kejahatan lainnya serta Himbauan Kamtibmas di wilayah Hukum Polsek Batulayar.

Baca Juga  Gabungan TNI-Polri dan Pemda Lobar, Lakukan Penanganan Banjir Lembar Secara Terkoordinasi

“Sasarannya kontrol komplek perumahan, pertokoan & ATM serta kontrol kandang kumpul dan tempat hiburan skaligus menyisir sepanjang jalan jalur jalur rawan 3C lainnya,” ujarnya.

 

Unit Samapta Polsek Sekotong

Unit Samapta Polsek sekotong melaksanakan kegiatan patroli di seputaran Vihara Giri Ratana Suriya Lenong, guna menciptakan keamanan yang aman  kondusif. Kemudian melaksanakan kegiatan patroli rutin yang ditingkatkan pada wilayah dan jam rawan.

“Sasarannya Obvit kantor depot elpiji Lombok Dusun Medang Desa Sekotong Barat, Gerai ATM Depan kantor camat sekotong. Kemudian Obvit kantor pegadaian UPC.Sekotong, Pertokoan indomart desa sekotong tengah. Lalu menuju Batu nangkok Perbatasan wilayah desa sekotong tengah dengan desa sekotong barat,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.