Lugas, Berimbang dan Terpercaya

Vaksin PMK di Gerung, Suntikan 70 Dosis Terhadap Sapi di Desa Giri Tembesi

Vaksin PMK di Gerung, Suntikan 70 Dosis Terhadap Sapi di Desa Giri Tembesi

Lombok Barat, NTB – Dalam kegiatan vaksin PMK di gerung, Ops Aman Nusa II Polres Lobar berhasil menyuntikan sebanyak 70 dosis Aftopor di Gerung, Jumat (5/8/2022).

Kapolsek Gerung, AKP Agus Pujianto, S. Pd menuturkan pihaknya turut menurunkan personelnya untuk melakukan kegiatan imbangan Ops Aman Nusa II Polres Lobar. Bertempat di Dusun Pendem Desa Giri Tembesi, Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat.

“Sebagai tindak lanjut, dalam penanganan PMK khususnya di Kecamatan gerung, terlebih saat ini, Kecamatan Gerung telah masuk di Zona Hijau,” ungkapnya.

Dalam vaksinasi ini menggunakan Aftopor, dengan mekanisme kegiatan pemberian vaksinasi hewan ternak sapi.

“Kegiatan tersebut dalam rangka menindaklanjuti terkait penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan. Sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 31 tahun 2022 tentang penanganan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK),” katanya.

Tim medik veteriner kesehatan hewan melakukan pemberian vaksinasi pertama pada hewan sehat yang berada dalam radius kilometer dari hewan yang tertular dalam zona wabah PMK (apabila ada).

“Vaksinasi PMK melakukannya sebanyak tiga kali pada hewan ternak, vaksinasi kedua melakukannya sekitar empat minggu setelah vaksinasi pertama. Dan vaksinasi ketiga melakukannya enam bulan setelah vaksinasi kedua,” pungkasnya.

Secara keseluruhan dosis vaksin pertama yang diberikan di Kandang Kumpul Beriuk Pade Angen Dusun Pendem Desa Giri Tembesi sejumlah 50 ekor.

Kemudian di lanjutkan pemberian vaksinasi pada hewan ternak di kandang- kandang milik warga sejumlah 20 ekor.

“Total dosis vaksin pertama yang diberikan di Desa Giri Tembesi , Kecamatan Gerung sejumlah 70 ekor,” pungkasnya.

Hadir pula dalam kegiatan ini Kepala UPT Puskeswan Zona Selatan H. Muzakur S. PT., beserta Team Vaksinator PMK, Satgas PMK Lombok Barat. Tentunya bersama Babhinkamtibmas dan Bhabinsa Desa setempat, bersama beberapa personel Polsek gerung.

Baca Juga  Sebagai Upaya Pelihara SItuasi Kamrtibmas, Personel Polsek Masbagik Lakukan Patroli Blue Light

“Kegiatan pemberian vaksin pada hewan ternak sapi berjalan dengan aman dan lancar berakhir pukul 10.15 wita,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.