Lugas, Berimbang dan Terpercaya

Vaksin PMK Hewan Ternak di Lembar, Sasar 180 Ekor Sapi

Vaksin PMK Hewan Ternak di Lembar, Sasar 180 Ekor Sapi

Lombok Barat, NTB – Personel Polsek Lembar Polres Lombok barat, Polda NTB turun langsung monitoring sekaligus pemantauan pelaksanaan Vaksin PMK hewan ternak (Sapi).

Kapolsek Lembar Ipda I Ketut Suriarta, S.H., M.I.Kom mengatakan ini adalah sebagai upaya dalam rangka pencegahan penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Wilayahnya.

“Kali ini bertempat di Dusun Dasan belo Desa Jakem timur Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat, melakukan monitoring sekaligus pemantauan,” ungkapnya.

Melaksanakan kegiatan vaksin ini sebagai upaya penanganan pencegahan penyebaran Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

“Menindaklanjuti terkait pembahasan penanganan Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) pada hewan serta sesuai instruksi Menteri Dalam  Negeri nomor 31 Tahun 2022. Tentang penanganan wabah Penyakit Mulut Dan Kuku,” katanya.

Yang mana vaksinasi PMK ini tim Keswan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lombok Barat.

“Untuk jumlah hewan ternak (sapi) yang tervaksin hari ini sebanyak 180 ekor yang telah tervaksin,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bhabinkamtibmas juga memberikan himbauan Kamtibmas sekaligus sosialisasi terkait penanganan PMK kepada masyarakat.

“Khususnya himbauan kepada pemilik ternak (sapi) untuk melakukan upaya-upaya pencegahan, agar terhindar dari penyebaran virus PMK ini,” katanya.

Antara lain menghimbau untuk terus melakukan pembersihan kandang sapi dan penyemprotan desinfektan secara teratur. Kemudian melakukan perawatan terhadap ternaknya untuk menjamin kesehatan pada hewan ternak sapi. Dengan memberikan vitamin dan pola pemeliharaan yang sehat.

“Pola pemeliharaan yang sehat antara lain tentang kebersihan ternak, kualitas pakan ternak, serta tempat pakan ternak,” jelasnya.

Kapolsek menegaskan bahwa hasil pemantauan sementara untuk kasus PMK di wilayah hukum Polsek Lembar sampai dengan saat ini masih termonitor Nihil.

“Secara keseluruhan kegiatan pemantauan pelaksanaan Vaksin hewan ternak (Sapi) berjalan dengan dengan aman, lancar dan kondusif,” tandasnya.

Baca Juga  Bhabinkamtibmas Desa Ketangga Jeraeng Kunjungi Warga Binaan Dan Himbau Penerapan Protokol Keshatan

Dalam kegiatan vaksinasi PMK di Lembar ini, hadir pula Kepala UPT Keswan wilayah Selatan H. M. Muzakur, Tim Satgas Keswan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lombok Barat. Kemudian Sekdes Jakem timur Lalu Salikin dan stap Desa. Lalu, Kadus Dasan Belo, Bhabinkamtibmas Jakem Timur, Babinsa Jakem timur serta para pemilik hewan ternak (sapi) Dusun Dasan belo Desa Jakem timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.