Lugas, Berimbang dan Terpercaya

Bripka Zulheldi Berharap PMK Tidak Lagi Menjadi Kekhawatiran Besar di Tengah Masyarakat

hukrimlobar.com – Bhabinkamtibmas Desa Banjarsari, Bripka Zulheldi, melaksanakan monitoring pelaksanaan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di kandang peternak sapi mandiri yang ada di dusun Pungkang dan Dusun Sepakat Desa Banjarsari Kecamatan Labuhan Haji, Kamis (25/8/22). Vaksinasi PMK dilaksanakan oleh Petugas Kesehatan Hewan Kabupaten Lombok Timur.

Disela kegiatan vaksinasi tersebut, Bripka Zulhendi menghimbau kepada para peternak untuk tetap menjaga kebersihan kandang dan secara rutin melakukan penyemprotan disinfektan untuk mengantisifasi penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

PMK ini sempat menimbulkan kekhawatiran di tengah masyarakat. Para peternak khawatir hewan ternak mereka tertular PMK sehingga menyebabkan harga jual rendah atau kematian. Bagi konsumen, mereka takut PMK bisa menular kepada manusia. Bhabinkamtibmas yang lahir pada tahun 1981 ini menghalau semua kekhawatiran masyarakat. “Tenang bapak-bapak dan ibu-ibu, yang penting kita tetap menjaga kebersihan hewan ternak, PMK dapat terhindarkan. PMK ini tidak menular kepada manusia sehingga aman dikonsumsi tetapi harus memperhartikan kebersihannya”, jelasnya.

Ia berpesan kepada pemilik ternak apabila mendapati hewan ternak dalam keadaan sakit segera hubungi petugas kesehatan untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Bhabinkamtibmas Desa Banjarsari berharap PMK tidak lagi menjadi kekhawatiran yang besar di tengah masyarakat karena secara terus menerus dilakukan sosialisasi cara mengantisipasi penyakit ini.

Baca Juga  Pengamanan Bulan Ramadhan di Kediri, Polisi Intensifkan Patroli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.