Lugas, Berimbang dan Terpercaya
Binkam  

Pengamanan Nyongkolan di Sekotong, Hari ini Digelar pada Dua Lokasi

Lombok Barat, NTB – Personel Polsek Sekotong melaksanakn pengamanan terhadap kegiatan trdosi adat nyongkolan, di dia lokasi, Minggu (16/10/2022).

Kapolsek Sekotong Iptu I Kdek Sumerta, SH mengatakan tradisi alat nyongkolan berupa arak-arakan pengantin yang melalui jalan raya.

“Hari ini melaksanakan pengamanan pada dua lokasi yang berbeda. Antara lain Deasa Sekotong Barat dan Desa Kedato, Kecamatan Sekotong,” ungkapnya.

Untuk pengamamanan, Polsek Sekotong menurunkan tujuh personelnya, guna melaksanakan penjagaan dan pengaturan arus lalulintas pada dua lokasi tersebut.

Adapun titik lokasi nyongkolan antara lain Desa sekotong barat, nyongkolan warga dsn pandanan menuju dsn gunung ketapang desa sekotong barat kec sekotong.

“Dengan rute pengamanan, pihak mempelai laki laki berasal dari dsn pandanan, yang mana pihak mempelai laki laki mulai star dari jalan raya sekotong lembar dengan menggunakan jalur utama. Dengan cara berjalan dengan arak arakan menuju rumah mempelai perempuan di dsn gunung ketapang desa sekotong barat,” jelasnya.

Arakan-arakan ini dengan alat musik grup kecimol mengiringinya, dengan kapasitas warga dari pandanan diperkirakan kurang lebih 100 orang.

Pada lokasi lainnya yakni di Desa kedaro.
Nyongkolan warga dusun mertak mas menuju dusun mendawe utara desa kedaro kec sekotong.

Adapun rute pengamanan nyongkolan yaitu, pihak mempelai laki laki berasal dari dusun mertak mas.

Yang mana pihak mempelai laki laki mulai star dari jalan menuju mendawe utara dan menggunakan jalur utama desa kedaro.

Dengan cara berjalan dengan arak arakan menuju rumah mempelai perempuan di dusun mendawe utara, yang diiringi dengan alat musik berupa 1 (satu) grup kecimol dengan kapasitas warga dari dusun mertak mas diperkirakan kurang lebih 170 orang.

Personil polsek sekotong yang melaksanakan pengamanan, dengan mengatur arus lalu lintas dan mengurai kemacetan.

Baca Juga  Polsek Labuapi Menggelar Personelnya di Area Public, Antispasi Jam Sibuk Masyarakat

“Agar dalam proses tradisi adat tidak menemui kendala dan mencegah dari terjadinya permasalahan yang dapat meluas hingga akhir pelaksanaan,” katanya

Secara umum kegiatan berjalan aman dan kondusif, hingga kegiatan nyongkolan benar-benar selesai serta aris lalulintas kembali lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *