Lugas, Berimbang dan Terpercaya
Binkam  

Kesiapan Event WSBK Mandalika 2022, Bahas Upaya kelancaran Lalulintas di Jalur Pelabuhan Gili Mas

Kesiapan Event WSBK Mandalika 2022, Bahas Upaya kelancaran Lalulintas di Jalur Pelabuhan Gili Mas

Lombok Barat, NTB – Dalam kesiapan event WSBK Mandalika 2022, pihak-pihak terkait melaksanakan pertemuan terkait kesiapan event WSBK Mandalika 2022, Senin (7/11/2022).

Pertemuan tersebut focus membahas terkait dengan antisipasi arus lalulintas saat event WSBK Mandalika 2022 tersbut, khususnya di jalan raya Pelabuhan Gili Mas Lembar.

Kasat Lantas Polres Lombok Barat, Polda NTB, Iptu Agus Rachman, SH menyinggung terkait dengan penerangan di Jalan Raya menuju Pelabuhan Gili mas.

“Terkait penerangan jalan sangat penting, yang mana tentunya nanti saat pelaksanaan Event tersebut, terjadi intensitas arus kendaraan. Sehingga berpotensi menimbulkan fatalitas kecelakaan lalulintas bila tidak mengantisipasinya,” ungkapnya.

Mengingat, pelabuhan Gili Mas merupakan standar Pelabuhan Internasional, sehingga harus melakukan upaya untuk meminimalisir terjadinya gangguan Kamseltibcar Lantas.

Selain itu juga, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait, mengenai kendaraan logistik yang parkir di sepanjang jalan.

“Kita akan terus koordinasikan mengenai ini, dalam hal ini pihak Dinas Perhubungan, untuk melakukan penertiban sesuai dengan aturan yang berlaku,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh kapolsek Lembar, Polres Lombok Barat, Polda NTB Ipda I ketut Suriarta, SH., M.I.Kom terkait dengan kondisi sepanjang jalur ke Pelabuhan Gili Mas.

“Perlu langkah-langkah pencegahan terkait dengan kecelakaan lalulintas, dari beberapa peristiwa kecelakaan lalulintas Truk Terbalik kerap terjadi. Jadi, sangat memerlukan pemasangan tanda atau himbauan di jalan, sehingga pengemudi lebih waspada dan berhati-hati,” ucapnya.

Kemudian dari GM. pelindo Lembar Baharudin mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan kesiapan pelabuhan Pelindo.

“Sudah hampir keseluruhan, baik di Pelabuhan Nusantara maupun Gili mas, bahwa kami tidak memberikan izin pengguna jasa untuk menginap dipelabuhan, mengingat demi keamanan dan lain-lain,” pungkasnya.

Kemudian Manager Oprasional PT. ASDP Rahim meyampaikan bahwa Pelabuhan ASDP sudah siap dari sisi dermaga dan Area parkir.

Baca Juga  Patroli Wilayah, Tim Puma 8 Sisir Lokasi Berpotensi Timbulkan Gangguan Kamtibmas

“Terkait dengan penumpang yang masuk ke pelabuhan lembar sampai dengan saat ini belum terlalu signifikan,” ucapnya.

Sementara itu Kabid Sarpras Dishub Lobar Faturahman menegasakan bahwa, inti pertemuan ini adalah melakukan koordinasi dengan Polres Lombok Barat. Terkait dengan kesiapan pengamanan WSBK 2022, khususnya dalam antisipasi arus lalulintas.

“Berkoordinasi dengan Polres Lobar, Khususnya Sat Lantas Polres Lobar terkait dengan Sterilisasi jalur utama kendaraan penonton WSBK di Mandaika. Untuk kelancaran dalam pengamanan WSBK mandalika,” pungkasnya.

Nantinya, pihak Dinas Perhubungan Akan mengaktifkan Kembali secara maksimal Terminal sigenter, Desa Lembar Selatan, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat.

Kemudian Dishub lobar akan dibantu Sat Lantas Polres Lobar Untuk mengarahkan kendaraan yg parkir memakan badan jalan. Agar memarkir kendaraan logistik dan sejenisnya untuk parkir didalam Area Terminal sigenter.

Dengan memberdayakan masyarakat sekitar Terminal Sigenter untuk aktif Dalam UMKM terkait kebutuhan para sopir yang menetap di Terminal Sigenter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *