Kemeriahan Pembukaan Festival Gastronomi Sasambo 2022, di Wisata Kuliner Desa Kebon Ayu

  • Bagikan
Festival Gastronomi Sasambo 2022

Lombok Barat, NTB – Festival Gastronomi Sasambo 2022, dengan tema perjalanan Gastronomi Sasambo dan upaya menjaga keberlanjutannya. Bertempat di Wisata Kuliner Desa Kebon Ayu berlangsung meriah.

Kepala Desa Kebon Ayu Jumarsa mengatakan Gastronomi Sasambo ini menarik perhatiannya, Sabtu (21/1/2023).

“Untuk kita di Desa Kebon Ayu, merupakan wisata kuliner dan wisata agro. Sehingga kami mengadakan kegiatan ini karena ada kaitannya dengan widata agro kami,” ungkapnya.

Menurutnya, Desa Kebon Ayu merupakan Wisata Tenun yang sudah berjalan dan memiliki show room, akan tetapi belum melaunchingnya.

“Kami bangga, meskipun Desa Wisata kami baru satu tahun berjalan, sudah banyak mengunjunginya. Bahkan ada juga wisatawan dari luar negeri,” katanya.

Jumarsa menerangkan bahwa, pihaknya telah menandatangani MOU dengan STP Mataram selama 5 tahun, sehingga kegiatan ini akan berlanjut.

Sementara itu Fathurrohim dari pihak STP Mataram menyampaikan, bahwa Festival Gastronomi Sasambo 2022 memberikan warna tersendiri.

“Merupakan hal yang luar biasa, sehingga kita sudah melaksanakan MOU dengan kepala Desa Kebon Ayu sampai 5 tahun ke depan. Gastronomi merupakan punyanya Indonesia yang aslinya merupakan sejarah dan asal usal kuliner kas Indonesia,” ungkapnya.

Bahwa para peneliti luar negeri hingga melakukan penelitian sampai ke Indonesia. “Kami juga akan membuka Prodi baru di STP Mataram yaitu Prodi Gastronomi yang akan kami kembangkan Bersama,” pungkasnya.

Kemudian Kadis Pariwisata Lombok barat Yusron Hadi, ST,.M.UM mengatakan bahwa Gastronomi Sasambo ini untuk memperkenalkan kuliner-kuliner NTB.

“Baiktu yang ada di Lombok, Sumbawa dan Bima selama dua hari di Agro Wisata Kebon Ayu ini. Kegiatan ini satu satunya di Indonesia, sehingga kita harus berbangga,” ungkapnya.

Kemudian melanjutkannya dengan pemukulan Gong oleh Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus Nyoman Gede J.,S.H, S.I.K, M.A.P.

Setelah itu, berlanjut dengan acara hiburan yaitu atraksi seni budaya Tari Khas Mbojo, pembacaan puisi oleh perwakilan Dosen STP. Ser aFashion show oleh WRK bima lombok yang menampilkan pakaian produk UMKM Sasambo.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *